Senin, 04 November 2019

SARIAWAN


SARIAWAN


A.      Pengertian Sariawan

Sariawan (stomatitis) adalah luka kecil dan dangkal yang terasa sakit, biasanya muncul pada jaringan lunak dalam mulut Luka bisa muncul di di gusi, bibir, lidah, atau sepanjang sisi pipi dalam mulut. Kemunculannya bisa hanya satu atau sekali banyak dan menyebar di dalam rongga mulut.

B.      Tipe Sariawan di Bibir
Sariawan di bibir terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1.          Sariawan kecil
Berdiameter kurang dari 1 cm dan merupakan jenis yang paling sering muncul. Sariawan jenis ini biasanya akan sembuh dalam waktu 7-10 hari.
2.          Sariawan besar
Ukurannya lebih lebar dan lebih dalam dengan pinggiran yang tidak teratur. Sariawan jenis ini butuh waktu dua minggu sampai berbulan-bulan untuk sembuh dan bisa meninggalkan bekas luka di mulut.
3.          Herpetiform
Diameternya hanya sekitar 1-2 mm, namun muncul secara berkelompok dan bertahan selama satu minggu hingga dua bulan.

C.      Penyebab Sariawan di Bibir
Sariawan di bibir bisa disebabkan oleh banyak hal. Sebagian besar penyebab sariawan di bibir bukanlah hal yang berbahaya, namun terkadang sariawan juga bisa disebabkan oleh penyakit yang serius.
Berikut ini adalah beberapa penyebab sariawan di bibir yang sering terjadi:
1.       Luka
Luka pada bibir, seperti saat bibir tidak sengaja tergigit, mengunyah makanan yang keras, tambalan gigi tidak sempurna, pemakaian kawat gigi, terlalu keras menggosok gigi, atau pemakaian gigi palsu yang tidak pas, bisa menimbulkan luka. Luka inilah yang kemudian menyebabkan sariawan di bibir.
2.        Iritasi pada bibir
Sariawan di bibir juga bisa dipicu oleh memakai pasta gigi atau obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulphate dan alkohol. Kedua zat tersebut bersifat iritatif, sehingg adapat menyebabkan luka pada bibir. Selain kedua zat kimia tersebut, tembakau dan asap rokok, atau mengonsumsi sesuatu yang pedas dan asam juga bisa menjadi penyebab munculnya iritasi yang menyebabkan sariawan pada bibir.
3.       Kekurangan nutrisi
Kekurangan gizi atau nutrisi tertentu bisa juga menyebabkan sariawan di bibir. Hal ini sering terjadi pada orang yang kekurangan nutrisi tertentu, contohnya zat besi, zinc, asam folat, atau vitamin B12.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar